Tanya Jawab Seputar Zhu Nian 107
Tanya :
Pasien sudah meninggal dunia, mengapa ketika alayavijnana berada di
periode Antarabhava masih bisa merasakan penderitaan penyakit yang dideritanya
semasa hidup? Bukankah setelah terlahir kembali maka semua pengalaman masa
kehidupan lampaunya akan terlupakan begitu saja?
Jawab :
Saat jatuh sakit, dikarenakan kemelekatan, meskipun telah meninggal
dunia, masih terus memikirkan “Saya sedang sakit”, maka itu merasa menderita;
andaikata dia berpikir : “Tubuhku sudah tidak ada lagi, penyakit itu diderita
oleh tubuh, sekarang sudah tidak ada lagi”, dengan sekejab pikiran, penderitaan
sudah tidak ada lagi. Maka itu dengan adanya kemelekatan, barulah ada persoalan
sedemikian.
Alayavijnana yang pergi bertumimbal lahir, karena berdiam di dalam
kandungan selama satu kurun waktu dan saat keluar dari
kandungan sangat menderita, hingga melupakan ingatan masa kehidupan lampaunya, namun
ada juga yang tidak melupakan, masih dapat mengingat masa kehidupan lampaunya,
ini jumlahnya sedikit, umpamanya ada bunda yang mengandung calon bayi, begitu
lahir bayi itu langsung mati, arwah bayi ini langsung pergi, ternyata ada arwah
lainnya yang melihat kejadian ini, dia langsung mengisi tubuh bayi tersebut,
sehingga tidak mengalami penderitaan karena harus melalui proses tahapan berada
dalam kandungan, dan proses keluar dari
kandungan, sebentar saja sudah memperoleh tubuh ini, maka itu terhadap
pengalaman kehidupan lampaunya, masih dapat mengingatnya dengan jelas.
Sumber :
Tanya Jawab Seputar Zhu Nian
Oleh Master Chin Kung
問:人既然死了,亦其業報結束,為何陽世病苦還會帶到陰間受?又中陰身投胎不是生前之事都會忘了嗎?
答:病苦的時候,因為執著,雖然已經死了,但還想著「我在生病」,所以還覺得苦;如果是想「我的身體已經沒有了,那個病是身生的,現在沒有了」,一念之間,馬上就沒有苦了。所以有執著,才會有這些事情。
中陰身投胎,因為坐胎、出胎非常痛苦,會把前生的事情忘得乾乾淨淨,所以有「隔陰之迷」,但也有沒忘記的,前生的事情完全知道,這很少數,這種情形是奪胎來的。什麼叫奪胎?譬如母親懷這個小孩,一生下來就死了,這個靈魂走了,另外一個靈魂看到,他鑽進去,沒有經過坐胎、出胎這些苦,一下子就得到這個身,所以對於前生的事情記得清清楚楚。(摘錄自01-06-02)
臨終助念答問
淨空法師主講