Tanya Jawab Seputar Zhu Nian 127
Tanya :
Dalam keseharian melafal Amituofo, saat menjelang ajal tiba-tiba muncul
Buddha yang lain hendak menjemput, apakah pasien boleh mengikutiNya?
Jawab :
Dalam keseharian melafal Amituofo, saat menjelang ajal pasti Buddha
Amitabha yang datang menjemput, andaikata Buddha Sakyamuni yang datang
menjemput, atau Buddha Bhaisajyaguru yang datang menjemput, ini sudah tidak
betul, pasti bukan yang asli. Jika bertemu dengan keadaan begini, jangan
diladeni dan jangan dipedulikan, hanya dalam sekejab pemandangan ini akan
hilang, harus menunggu hingga Buddha Amitabha yang datang menjemput. Ketika
pasien berkata bahwa “Buddha Amitabha telah datang”, ini barulah asli dan bukan
palsu, jadi harus bisa mengenalinya. (Petikan 12-17-0043)
Maka itu saat membantu melafal Amituofo, yang paling penting adalah
jangan biarkan pasien memiliki bentuk-bentuk pikiran, khayalan, tak peduli
pemandangan apa yang dilihatnya, mendengar suara apa, semuanya jangan
dipedulikan. Meskipun dia melihat Bodhisattva Ksitigarbha, melihat Buddha
Bhaisajyaguru, selama bukan Buddha Amitabha, maka harus segera mengingatkan
dirinya, semuanya jangan diladeni dan jangan dipedulikan, teruskan saja melafal
Amituofo, menanti hingga Buddha Amitabha yang datang menjemput, barulah boleh
pergi mengikutinya, karena Mara dan makhluk halus jahat lainnya dapat menjelma
jadi Buddha atau Bodhisattva lain untuk memperdayaimu, semua Buddha dan
Bodhisattva ini adalah samaran, bukanlah yang asli, para Dewa Pelindung Dharma
masih takkan ikut campur; tetapi andaikata Mara dan makhluk halus jahat lainnya
ingin menyamar jadi Buddha Amitabha, Bodhisattva Avalokitesvara, maka para Dewa
Pelindung Dharma takkan membiarkannya begitu saja, Mereka akan bertindak, maka
itu Mara dan makhluk halus jahat lainnya tidak berani menyamar jadi Buddha
Amitabha. (Petikan 12-17-0186、21-279-01)
Banyak praktisi yang sepanjang hidupnya melafal Amituofo, hingga saat
menjelang ajal jadi sesat, jalannya menyimpang, ini sungguh disayangkan!
Kondisi batin Mara ini, rintangan Mara, merupakan pemandangan khayal yang
diciptakan oleh kekuatan karma buruk sendiri, pada saat begini hanya bila
bertemu Buddha Amitabha, melihat Tiga Suciwan Alam Sukhavati, melihat keindahan
Alam Sukhavati, barulah dapat terjalin,
barulah merupakan pikiran benar.
Sumber :
Tanya Jawab Seputar Zhu Nian
Oleh Master Chin Kung
問:平常念阿彌陀佛,臨終時如果出現別的佛來接引,是否應跟他們走?
答:平常念阿彌陀佛,臨終時一定是阿彌陀佛來接引,如果是釋迦牟尼佛來接引、藥師佛來接引,這就不對了,決定不是真的。如果遇到這種情形,根本不要理它,一會兒這種相就沒有了,一定要等阿彌陀佛來。送往生的時候,往生的人講「阿彌陀佛來了」,那真的一點都不假,決定認得。(摘錄自12-17-0043)
所以助念的時候,最要緊的就是決定不能讓往生的人有雜念、有幻想,無論見到什麼境界,聽到什麼音聲,一概都不理。就算見到地藏菩薩、見到藥師佛,只要不是阿彌陀佛,都要提醒他,一概不理,繼續念阿彌陀佛,等阿彌陀佛來接引,才能跟他去,因為妖魔鬼怪會變現其他佛菩薩來誘惑,這些佛菩薩都是冒牌的,不是本尊,護法神可以容許,不會干涉;要是變阿彌陀佛、觀音菩薩,那是本尊,護法神便會干涉,所以不敢變。(摘錄自12-17-0186、21-279-01)
許多念佛人念了一輩子的佛,到臨終關鍵時刻迷了、出差錯了,那真是可惜!這些魔境、魔障,都是自己業力變現的虛幻境界,在這個時候只有見到阿彌陀佛,見到西方三聖,見到西方極樂世界依正莊嚴,才是相應的,才是正念。(摘錄自12-17-0186)
臨終助念答問
淨空法師主講