Cara melakukan Zhu Nian
(Bagian 1)
Sebelum
melakukan Zhu Nian, terlebih dulu mengamati bagaimana kondisi pasien. Jika
kondisi penyakit pasien masih ringan maka boleh melakukan kebaktian panjang dimulai
dengan membaca Lian Chi Zan (gatha pesamuan kolam teratai) satu kali, Amitabha
Sutra satu kali, Wang Sheng Zhou (Sukhavati Vyuha Dharani) tiga kali (sebaiknya
21 kali), Zan Fo Ji (gatha pujian Buddha Amitabha), kemudian dilanjutkan dengan
melafal Namo Amituofo sepuluh lafalan, lalu beralih melafal Amituofo. Andaikata
penyakit pasien sudah kritis, maka cukup melafal Amituofo saja.
Alat kebaktian
yang boleh digunakan adalah “yin qing”, sedangkan suara “mu yi” terlalu kasar,
jadi tidak boleh digunakan. Anggota Zhu Nian dibagi atas dua shift, yakni shift
pagi dan shift malam, shift pagi masih dibagi lagi jadi dua grup dan shift
malam dibagi lagi jadi tiga grup, tiap grup beranggotakan dua orang ke atas,
setiap giliran hanya satu jam.
Cara melafal
Amituofo, pada pagi dan siang hari, satu jam pertama, grup satu melafal keluar
suara dan grup dua melafal di dalam hati; satu jam kedua, grup dua melafal
keluar suara dan grup satu melafal di dalam hati, demikianlah selanjutnya
saling bergiliran.
Pada malam hari,
satu jam pertama, grup satu melafal keluar suara, grup dua dan tiga melafal di
dalam hati, satu jam kedua, grup dua melafal keluar suara, sedangkan grup satu
dan tiga melafal di dalam hati, demikian pula pada satu jam ketiga, grup tiga
melafal keluar suara, sedangkan grup satu dan dua melafal di dalam hati, dan
seterusnya.
Dengan
bergiliran serupa ini, sehingga bisa tetap bertahan meskipun telah melewati
tiga hari, lima hari, tujuh hari, setengah bulan, dan bahkan sebulan lamanya. Demikianlah
siang malam suara lafalan Amituofo dapat berkesinambungan, saat waktu makan dan
tidur juga saling bergantian.
Sebelum
melakukan Zhu Nian, terlebih dulu memberikan ceramah pada pasien : “Jika anda
mampu mengikuti hadirin melafal Amituofo, maka ikutilah kami melafal Amituofo
bersama-sama, namun apabila nafasmu lemah, tidak sanggup mengikuti, maka
fokuskan perhatian mendengar hadirin melafal Amituofo, ini juga sama. Tetapi
anda harus mendengarkan lafalan Amituofo dengan jelas, di hatimu juga harus
mendengarnya dengan jelas, kerahkan segenap hatimu bertumpu ke dalam lafalan Amituofo”.
Setelah itu,
mulailah melafal Amituofo. Jika kadang kala pasien tertidur, tidak mendengar
suara lafalan Amituofo, maka saat ganti giliran, grup pengganti yang baru masuk
harus menggunakan alat kebaktian “yin qing” di dekat telinga pasien, bunyikan
sekali atau beberapa kali, bersamaan itu pula meninggikan suara melafal
Amituofo, sehingga pikiran pasien senantiasa berada dalam kondisi sadar.
Petikan dari
buku berjudul :
Yang Perlu Diketahui Saat
Menjelang Ajal
Diceramahkan oleh
Venerable Shi Shi-liao
助念的方法
(一)
對於助念的事情,先要看病人的病勢怎樣?如果是慢的、輕的,那就起頭念蓮池贊一遍,阿彌陀經一卷,往生咒三遍,(最好二十一遍)讚佛偈(阿彌陀佛身金色)八句,接念南無西方極樂世界大慈大悲阿彌陀佛一句,南無阿彌陀佛六字洪名,念數十句,再轉念阿彌陀佛四字洪名。如果病勢是緊的、重的,那就阿彌陀佛四字洪名念起。所用的法器,只可用引磬,木魚聲太濁,不可以用。助念的人,白天分做二班,夜裏分做三班,每班的人數最少二人以上,限定一點鐘換班。念佛的方法,白天頭班出聲念,二班默念,念一點鐘;二班出聲念,頭班默念,也念一點鐘,這樣輪流換班。夜裏,頭班出聲念,二班,三班默念或養息,念一點鐘;二班出聲念,頭班、三班默念或養息,念一點鐘;三班出聲念,頭班、二班默念或養息,也念一點鐘。這樣輪流換班,那就無論三日、五日、七日、半月、一月,可以持久。凡輪流班次,從第一班起,二班、三班順下,凡班數完畢,再從第一班起,如是終而復始,日夜佛音相續。每日三頓吃飯,皆由下班的人換班。若吃飯後,接班的時候未到,須要換班睡眠休養,以恢復精神。
助念時,必定先要對病人說道:「你若會跟大家念佛,那麼你就跟大家同念,你若是元氣衰弱,不能跟隨,那麼你就留心注意聽大家念佛,也是一樣的。不過你的耳朵必定要一句一句,一字一字,聽得清清楚楚,你的心裏也要一句一句,一字一字,記得清清楚楚,你全心全意歸入阿彌陀佛名號的音聲裏來。」這樣說過以後,就開始助念。如或病人有時昏沈,如睡眠相似,不曉得聽的樣子,那值班助念的人,必定要用引磬,向近病人的耳邊,敲一下,或多下,同時佛聲也要提高幾聲,使令病人的心,念念不會昏迷。