Ceramah saat menjelang
ajal
Anda harus tahu
bahwa di dunia ini, tak peduli siapapun, saat jatuh sakit dan saat menjelang
ajal merupakan masalah yang tak terhindarkan, ketika anda jatuh sakit,
pikiranmu janganlah mengkhawatirkan penyakit yang mendera, tetapi harus
difokuskan melafal Amituofo, setiap niat pikiran mengikuti suara lafalan
Amituofo memikirkan diri sendiri terlahir ke Alam Sukhavati. Dengan demikian
beban penyakit sudah berkurang setengah.
Sebagai praktisi
pelafal Amituofo, saat menjelang ajal, tak peduli apapun yang terjadi, tetap
harus melepaskan segala kemelekatan, hati menjadi bersih dan suci, hanya ada
sepatah Amituofo, dilafal dengan jelas, setiap niat pikiran melekat pada
sepatah Amituofo ini, mungkin setelah tiga hari, lima hari atau tujuh hari
dapat terlahir ke Alam Sukhavati, saya hanya memiliki niat pikiran untuk
terlahir ke Alam Sukhavati, tiada lagi pikiran kedua.
Jika anda dapat
menuruti seperti yang saya ucapkan, maka bisa dipastikan anda terlahir ke Alam
Sukhavati. Jangan serupa dengan orang yang tidak berpengetahuan benar, saat
menjelang ajal, jatuh sakit dan menjerit-jerit kesakitan, memohon keselamatan
pada Dewa dan makhluk halus lainnya, ini adalah kesalahan terbesar.
Haruslah tahu
bahwa ketika seorang praktisi menjelang ajalnya, tak peduli jatuh sakit atau
tidak, tetap harus memohon Buddha Amitabha bermaitri karuna, segera datang
menjemput.
Para Dewa dan
makhluk halus lainnya, mereka sendiri saja masih belum terbebas dari enam alam
tumimbal lahir dan roda samsara, bagaimana mungkin bisa menyelamatkan dirimu,
keluar dari roda samsara? Hanya maitri karuna Buddha Amitabha, 48 tekad
agungNya dan kemampuan gaibNya yang maha sempurna, yang dapat menyelamatkan
dirimu, selamanya terbebas dari tumimbal lahir dan roda samsara.
Andaikata anda
memiliki pemikiran untuk memohon pada Dewa dan makhluk halus lainnya, maka
lekaslah melepaskan pemikiran ini, fokuskan pikiran melafal Amituofo bertekad
lahir ke Alam Sukhavati. Jika ajalmu telah tiba, maka anda pasti bisa terlahir
ke Alam Sukhavati. Bila anda hanya memohon agar penyakit bisa sembuh, tidak
sudi terlahir ke Alam Sukhavati, namun jika memang masa hidupmu di dunia telah
habis, maka Alam Sukhavati juga tidak bisa anda tuju, atau masa hidup anda belum
berakhir, penyakit anda juga tidak kunjung sembuh, maka ini hanya akan menambah
beban penderitaan.
Anda harus tahu
bahwa kita hidup di dunia ini, berapa banyak penderitaan yang kita alami?
Andaikata terlahir ke Alam Sukhavati, betapa bahagianya bukan?
Andaikata anda
memiliki pemikiran memohon pada Dewa dan makhluk halus lainnya untuk melindungi
dirimu, maka anda memiliki pikiran takut mati, jika ada pikiran takut mati,
maka hatimu dan tekad Buddha Amitabha telah bersekat, Alam Sukhavati juga tidak
bisa dituju lagi, sehingga selamanya berputar terus di dalam lautan penderitaan
roda samsara, tiada kesempatan untuk keluar.
Andaikata anda
mempunyai pikiran takut mati, maka harus tanyakan kembali pada diri sendiri,
saya membangkitkan ketulusan melafal Amituofo adalah untuk bertekad terlahir ke
Alam Sukhavati, mana boleh timbul pikiran takut mati, merintangi diri sendiri
sehingga tidak berhasil terlahir ke Alam Sukhavati? Maka itu untuk selanjutnya kerahkan
segenap ketulusan menfokuskan pikiran melafal Amituofo, memohon agar Buddha
segera datang menjemput.
Harus diketahui
bahwa saat menjelang ajal, penyakit dan siksaan yang timbul adalah akibat dari
karma buruk yang diperbuat sejak masa kehidupan yang lampau, atau musuh masa
kelahiran lampau yang anda bunuh dan celakai, datang menagih hutang padamu,
sehingga muncul berbagai penyakit dan siksaan, sehingga hatimu gelisah,
merintangimu tidak sanggup terfokus melafal Amituofo dan tidak berhasil
terlahir ke Alam Sukhavati.
Jika anda sudah
memahami mengapa kondisi ini bisa terjadi, maka pikiran anda takkan diputar
oleh kondisi ini lagi, bahkan dapat lebih tulus dan serius melafal Amituofo, takkan
menyia-nyiakan setiap detik untuk melafal Amituofo, segenap hati berlindung
pada lafalan Amituofo, terlahir ke Alam Sukhavati.
Petikan dari
buku berjudul :
Yang Perlu Diketahui Saat
Menjelang Ajal
Diceramahkan oleh
Venerable Shi Shi-liao
臨終開示
你要曉得這個世界,無論什麼人,病苦和死亡二件事情,都是免不了的,你若是有了病苦,你的心不可顧慮病苦,專心注意念阿彌陀佛,念念作自己隨著念佛的音聲,往生西方想。那麼病苦當下就輕得大半了。我們念佛的人,到了臨終的時候,不論什麼事情,都要一概放下,心裏清清淨淨,就只有一句阿彌陀佛,歷歷明明,念念執持這一句阿彌陀佛,任或三日、五日、七日往生都好,我只有這個念佛求生西方的念頭,始終不移。你若能依我這樣說,那就保證你決定往生西方。切切不可與一種無知識的人相似,到了臨終的時候,有了病苦,就叫爺叫娘,祈求天仙、神、鬼保佑,這是大大的錯誤。要曉得我們念佛的人臨終,無論有病苦無病苦,總要求阿彌陀佛慈悲,早來接引。那天、仙、神鬼,自己尚在六道中輪迴生死,有什麼力量來救拔你,出離生死呢?就只阿彌陀佛慈悲,有四十八大願和種種的神通道力,才能救度你,永久出離生死苦輪。你如有求天、仙、神鬼保佑的思想,趕快放下了,一心念佛,求生西方。如果你的壽命應盡,你亦決定會生西方。設使你只求病好,不願求生西方,那麼你的壽命若是應當盡,西方也不會生了,或如壽命未應當盡,你的病一時亦難得好,非但難好,還會增加病苦。你要曉得,我們大家住在這個世界做人,有多麼的苦惱呢?若是生到西方去,是多麼的快樂呢?設使你有求天、仙、神鬼保佑的心,那麼你就有怕死的心,如有怕死的心,你的心就與阿彌陀佛的本願心隔開了,西方就不會生了,那就永久在這個生死苦海裏頭,沒有出離的時期了。你若有怕死的心,須要重責自己,我是為發心念佛,決志求生西方的,怎樣會生這種怕死的心,障礙自己不得往生西方呢?以後就懇懇切切的一心念佛,求佛慈悲早來接引。要曉得臨終的時候發現病苦,這是你自己多世以來的惡業所感,或多世以來被你殺害的冤家,齊來討債,所以發現這種種的病苦,使你心生煩惱,障礙你不能念佛往生。你若是明白這個意思,那麼你的心就不會被這種煩惱所轉,能夠更加至誠懇切的念佛,念念不放鬆,全心依靠這句阿彌陀佛的名號,往生西方極樂世界。