Minggu, 27 Juli 2014

Cara melakukan Zhu Nian 02



Cara melakukan Zhu Nian
(Bagian 2)

Ketika pasien akan menghembuskan nafas terakhir, apabila jumlah peserta Zhu Nian banyak, maka sanak keluarga sebaiknya menghadap ke rupang Buddha, berlutut atau melakukan namaskara sambil melafal Amituofo, bersamaan itu pula di dalam hati semua orang, membayangkan Buddha Amitabha memancarkan cahaya menjemput pasien, di dalam cahaya Buddha Amitabha, pasien beranjali dan terlahir ke Alam Sukhavati, sampai pada saat ini, seluruh peserta Zhu Nian harus dibagi dua grup, setiap grup mendapat giliran melafal Amituofo selama setengah jam, sejak saat ini, harus meninggikan suara melafal Amituofo, hingga pasien menghembuskan nafas terakhir, tiga jam kemudian, barulah bergiliran seperti sedia kala, meninggikan suara melafal Amituofo.

Harus diingat bahwa saat mendekati detik-detik pasien akan menghembuskan nafas terakhir, peserta Zhu Nian yang saling bergantian dan bergiliran membantu melafal Amituofo, harus memperhatikan dengan seksama, setiap pasien mengeluarkan keringat, atau wajahnya menampakan kegelisahan, kaki tangannya juga tak bisa diam, ini adalah tampilan dari penderitaan penyakit. Atau juga seperti tidur, tidak tahu apa-apa lagi.

Jika melihat gejala-gejala ini, andaikata pasien itu dalam kesehariannya ketrampilannya melafal Amituofo adalah jarang, maka pada saat begini, pikiran benar akan sulit menjadi pengendali. Maka anggota Zhu Nian harus mendekatkan diri ke pasien lalu meninggikan suara memperingatkannya : “Bapak/Ibu XXX! Alam Sukhavati ada di hadapan anda, kerahkan segenap usaha untuk melafal Amituofo, pasti terlahir ke Alam Sukhavati! Bapak/Ibu XXX! Alam Sukhavati ada di hadapan anda, kerahkan segenap usaha untuk melafal Amituofo, pasti terlahir ke Alam Sukhavati!”

Dengan mengulang kalimat itu sebanyak dua kali, lalu amati lagi kondisi pasien, jika juga sama seperti sebelumnya tak berubah, maka ulangi lagi perkataan tadi sebanyak satu kali saja, andaikata pandangan dan pemahaman pasien mendalam, maka kalimat tersebut hanya boleh diulang paling banyak tiga kali saja, selanjutnya meninggikan suara melafal Amituofo.

Setelah pasien menghembuskan nafas terakhir, sebelum sekujur tubuhnya jadi dingin, selama kurun waktu ini, peserta Zhu Nian yang bergiliran membantu melafal Amituofo, hendaknya harus memperhatikan untuk mencegah orang lain menyentuh tubuh kasar almarhum dan sanak keluarga menangis, yang ada hanya para hadirin yang membantu melafal Amituofo.

Perlu waktu sehari semalam, barulah mengundang orang yang berpengalaman untuk meraba tubuh almarhum sehingga dapat memastikan sekujur tubuh almarhum telah dingin keseluruhannya, maka kegiatan Zhu Nian boleh dihentikan. Kemudian seluruh hadirin menghadap ke rupang Buddha untuk melakukan pelimpahan jasa kepada almarhum agar terlahir ke Alam Sukhavati.

Jika belum dingin secara keseluruhannya, maka tunggulah lagi sehari, dua hari, bahkan tiga hari, semua orang harus membangkitkan ketulusan untuk meninggikan suara melafal berkesinambungan, kita semua harus mengetahui bahwa setiap dari kita mengemban misi Tathagata untuk menyelamatkan para makhluk agar terbebas dari tumimbal lahir, jangan sampai mengeluh jerih payah yang dirasakan hanya dalam kurun waktu yang singkat ini, sehingga menyesatkan kesadaran almarhum tidak dapat terlahir ke Alam Sukhavati.

Kita semua harus membangkitkan ketulusan, meninggikan suara melafal Amituofo hingga sekujur tubuh pasien menjadi dingin, barulah menghentikan kegiatan Zhu Nian, Zhu Nian semacam ini barulah benar-benar membangkitkan Bodhicitta, melaksanakan Jalan Bodhisattva.
  


Petikan dari buku berjudul :
Yang Perlu Diketahui Saat Menjelang Ajal 
Diceramahkan oleh Venerable Shi Shi-liao
  



   

助念的方法

()

凡病人到將要斷氣的時候,對於助念的人眾若是多,眷屬人等最好都向佛前,或跪念,或拜念,同時每個人的心裏,作阿彌陀佛,放大光明,接引亡人,亡人在佛光中央,合掌往生西方想。到了這個時候,全體助念的人,要分作二班,每班輪流念半點鐘,從這個時候起,必定都要高聲念佛。念到氣斷以後三點鐘,再如前一樣的輪流繼續,高聲助念。

病人將欲斷氣,尚未斷氣的時候,值班助念的人,須要留心注意。凡病人的面顏上有出汗,或面現憂相,頭手身腳不定,這是病苦的現象。或如睡眠一樣,不覺不知。若有這樣的種種情形發現,那病人在平時,對於念佛的功夫,若是尋常的,在這個時候,正念是難能作主了。那麼助念的人,應要向近病人高聲的警策說:「某某人!西方就是在你面前,阿彌陀佛盡力提起,決定生西方去!某某人!西方就是在你面前,阿彌陀佛盡力提起,決定生西方去!」這樣的連喚二次,再看病人的唇和形容,若是如前一樣的不動,那就如前再喚一次,(如病人的見解深的,那就喚西方是在阿彌陀佛名號裏)最多不過三次,以後就只高聲念佛。凡亡人斷氣以後,身體未冷透以前,在這個階段中間,值班助念的人,須要特別注意,絕對制止探摸亡人的身體和眷屬人等哭聲,只有大家每個人發心提高音聲念佛。須要經過一日一夜,方可請有相當知識和經驗的人,輕輕慢慢探摸亡人身體,直到全部冷透以後,助念方可停止。即向佛前,代亡人回向,往生西方。若未全部冷透,那就再一日、二日、三日,大家須要發心繼續,高聲助念。大家每個人都要曉得,替代如來救度眾生了脫生死,就在這個時候。切切不可為著這些短短的時間的辛苦,失誤了亡人神識,不能往生西方。我們大家每個人必定都要發心,高聲念佛念到亡人全身冷透以後,才能停止助念,這樣的助念,是真正發菩提心,行菩薩道,實際的表現。